Contoh Dokumen Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 2015

Contoh Dokumen Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 2015 – Selama bekerja sebagai Konsultan ISO, kami telah banyak membantu klien dalam pengembangan kebijakan mutu. Biasanya pelanggan kami tidak menyukai kebijakan mutu yang terlalu panjang karena akan sulit untuk diingat. Untuk membantu klien mengembangkan kebijakan mutu, kami selalu berusaha sesingkat mungkin, namun tetap memperhatikan persyaratan ISO 9001:2015, klausul 5.2.1. Kami sebelumnya meninjau kebijakan mutu dalam artikel berikut:

Agar kebijakan mutu mudah diingat, kami umumnya menyarankan pelanggan menyusun kebijakan mutu dengan membuat jembatan keledai, yaitu membuat singkatan nama perusahaan, lalu memecah setiap kata menjadi kalimat pendek. Contoh penggunaan Donkey Bridge adalah singkatan dari warna pelangi yaitu MeJiKuHiBiNiU, masih ingatkah anda? Tentu saja, Anda masih akan mengingat pintasan tersebut.

Contoh Dokumen Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 2015

Contoh Dokumen Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 2015

Selain mudah diingat, kebijakan mutu akan lebih menarik untuk dibaca, jika kebijakan mutu tidak menarik, akan sangat sulit untuk mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak terkait.

Integrasi Smm Iso/iec 17025

Ini adalah contoh dari kebijakan mutu kami, tidak pendek tapi juga tidak terlalu panjang, disini kami mengambil singkatan dari perusahaan kami M U L T I P L E.

Kebijakan Mutu Kantor Perencanaan dan Organisasi KPU RI singkat, padat dan elegan, diambil dari singkatan RENSI (Perencanaan dan Organisasi).

Kali ini contohnya adalah kebijakan mutu yang tidak memiliki awalan atau penjelasan tentang organisasi, melainkan langsung berupa singkatan.

Kali ini adalah contoh kebijakan mutu yang tidak menggunakan singkatan, kebijakan mutu ini sangat ringkas, hanya terdiri dari 3 poin utama, namun memuat persyaratan minimum dalam ISO 9001:2015 poin 5.2.1.

Zulkifli Nasution’s Blog: Download Klausul Klausul Iso 9001 Versi 2015

Ini hanyalah beberapa contoh kebijakan mutu dari berbagai perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Jika Anda berniat membuat kebijakan mutu, kami sebagai konsultan ISO telah menyiapkan template kebijakan mutu yang dapat Anda edit dan sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda:

Demikianlah uraian singkat kami tentang kebijakan mutu yang patut dicontoh, semoga bermanfaat bagi perusahaan Anda dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015. AQL sampling plan, langkah-langkah pemeriksaan quality control dengan ANSIZ1.4 Leading Standard Work Template: Alat NichijoKanri Daftar Istilah QMS: ISO 9001:2015 & 5 Perubahan Sistem Manajemen Kualitas Utama: Seri ISO 9000 & Diagram Tulang Ikan Pencapaian Ishikawa Templat PowerPoint Halo Dunia! Posting blog pertama saya dalam lebih dari 6 tahun! Tentang 7 Alat Kualitas Baru Tentang 7 Alat Kualitas Dasar Simbol Flowchart Standar dan Aplikasinya Perangkat Lunak Saya Gunakan dalam Pengendalian Proses Statistik Rekayasa Siklus Mahasiswa Teknik Tenaga Kerja Pro dan Kontra Sistem Keputusan Proses Dorong dan Tarik Program dari grafik PDPC Perdana Menteri Belanda dan Presiden Uji Normalitas Indonesia Kolmogorov -Uji Smirnov Pesawat di PSP Insinyur di Bagan Alir Uang Kertas Bagian Kedua – Bagan Alir Prosedur Perencanaan Proyek Bagian Satu Solusi Energi Berkelanjutan Kenaikan harga bahan bakar Mekanisme Lockstitch di Mesin Jahit Percayalah, Saya Uji “Industrial Engineer” untuk Normalitas dengan Geary Valentine-an’s Test Engineer Transisi dari SPSS ke PSPS STM 80 Tangerang: Artikel Alumni Soal Diagram Matriks Mengatasi Masalah Menggunakan Diagram Diagram Pohon atau Diagram Pohon Membuat Diagram Berpasangan eto menggunakan diagram Microsoft Excel Masalah koneksi atau diagram ketergantungan P USS System vs. PullSystem Brainstorming dengan diagram afinitas – Metode Kawakita Jiro atau metode KJ Diagram pencar dan hubungannya dengan diagram tulang ikan Prinsip layering dan langkah selanjutnya Tetap sebagai pusat biaya? Penjelasan Terbaik LawOhm tentang Model Lean Manufaktur Serpong Chaos di Industri Dasar-dasar Pemrograman Linier untuk Sepatu: Kasus dalam Lembar Kontrol Produsen Sepatu dan Perannya dalam Kontrol Kualitas OEE Contoh Perhitungan untuk efisiensi tim secara keseluruhan Game OEE 5S: Kasus Sederhana Manfaat Program 5S ATAU 5S – Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke Catatan Insinyur Industri III: Novus OrdoCatatan Insinyur Industri Seclorum II: Mengenai Topik yang Tidak Relevan Catatan Insinyur I: Awal Masalah Paha dan Dada Masa Training Heavenly Kingdom danMuludan Angkot Tangerang Badan Rekor Organ Kongres Perintah Paradoks: Puisi untuk Orang Jarang Analisis Regresi dengan SPSS Definisi: Definisi Waktu untuk Industri Heijunka dalam Perencanaan Produksi Analisis ABC Sistem Produksi Toyota Analisis Produktivitas: Kunci Sukses dari Toyota Menguasai Dunia Statistik Deskriptif dengan Dasar-Dasar Prototyping Produk SPS SPSS

See also  Spesifikasi Hp Oppo R17 Pro

Tag’s Storage5S 7 alat kualitas dasar 7 alat manajemen dan perencanaan 7 alat kualitas baru dan lembar kontrol diagram tulang ikan Insinyur Industri Teknik Industri JIT kaizen kanban pemeliharaan ramping produksi muda mura OEE Pareto Pareto bagan Sistem tarikan PM Kualitas kontrol QCC Statistik SPSS Toyota Sistem Produksi Toyota TPM

Contoh Dokumen Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 2015

ISO 9001:2015 merupakan revisi keempat dari ISO 9001, yang merupakan revisi besar kedua setelah 15 tahun revisi utama ISO 9001:2000. Revisi besar pada seri ISO 9001 selalu menandai kedatangan paradigma SMM baru.

Pt. Sistem Manajemen Utama: Dokumen Assessment Iso 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu

Pada postingan sebelumnya, saya menulis tentang sejarah singkat sistem manajemen mutu (SMM), dan khususnya SMM seri ISO 9000. Bagian dari seri ISO 9000 yang mengatur persyaratan (

) SMM adalah ISO 9001. Ini adalah satu-satunya standar seri ISO 9000 yang dapat disertifikasi oleh organisasi.

Tujuan organisasi yang ingin memperoleh sertifikasi ISO 9001 adalah untuk menunjukkan bahwa organisasi mereka secara konsisten menghasilkan produk/jasa berkualitas tinggi. ISO 9001 bukanlah standar kualitas produk/jasa, melainkan standar sistem manajemen untuk mengelola proses untuk menghasilkan produk/jasa yang memenuhi persyaratan pelanggan.

Sebagai standar internasional, ISO 9001 hanya menentukan praktik apa saja yang harus ada dalam sistem manajemen organisasi, tanpa merinci bagaimana praktik tersebut harus diterapkan agar dapat diterima dan diterapkan secara luas oleh berbagai jenis industri atau area bisnis, seperti:

Prinsip Manajemen Mutu Iso 9001:2015

ISO 9001:2015 merupakan revisi keempat dari ISO 9001, yang merupakan revisi besar kedua setelah 15 tahun revisi utama ISO 9001:2000. Revisi besar pada seri ISO 9001 selalu menandai kedatangan paradigma SMM baru. Perubahan terpenting pada ISO 9001:2015 meliputi:

See also  Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar

). Di masa lalu, ISO telah mengembangkan beberapa standar untuk sistem manajemen, masing-masing dengan struktur yang berbeda. Kemudian, ISO mengembangkan Lampiran SL untuk menetapkan keseragaman standar sistem manajemen dalam:

Tujuan penyeragaman ini adalah untuk menjamin konsistensi antar standar baik dalam hal revisi standar lama maupun standar baru di masa yang akan datang, serta untuk memudahkan saat diperlukan integrasi antar standar.

Contoh Dokumen Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 2015

Gambar 1 di bawah ini menunjukkan struktur standar sistem manajemen ISO 9001:2015 dengan Lampiran SL dimana semua standar sistem manajemen seperti ISO 9001, ISO 14001 dll. akan memiliki 10 klausa yang sama ditunjukkan pada Gambar 1.

Smm Iso 9001:2015

) tercantum dalam klausul 4. Klausul ini adalah bagian terpenting dari standar baru ini, karena masalah konteks organisasi dan persyaratan pemangku kepentingan harus diperkenalkan (

) tergantung pada bagaimana organisasi mengelolanya. Oleh karena itu, suatu organisasi harus mulai mengembangkan strategi bisnisnya dengan penilaian menyeluruh terhadap isu-isu internal dan eksternal yang relevan dengan tujuannya dan, yang paling penting, kemungkinan mempengaruhi hasil SMM yang diinginkan (lihat gambar dua). Contoh evaluasi tersebut adalah analisis PEST dan analisis SWOT, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3.

ISO 9001:2015 juga melihat kelancaran bisnis tidak hanya oleh pelanggan tetapi juga oleh pihak lain yang mempengaruhinya seperti pemerintah, pemasok, karyawan, lingkungan sekitar dan lain-lain. Organisasi dapat ditutup atau operasinya mungkin terganggu karena pelanggaran peraturan atau izin, penahanan pasokan karena masalah pembayaran vendor, atau protes dari karyawan dan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, standar baru ini mengharuskan organisasi untuk mengidentifikasi dan memenuhi persyaratan pemangku kepentingan bisnis yang relevan dengan SMM, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4 di bawah ini.

See also  Syarat Biar Bisa Live Di Tiktok

) saat merencanakan SMM, tetapi tidak memerlukan penerapan proses manajemen risiko formal (seperti ISO 3100) untuk UKM atau organisasi berisiko rendah. Contoh rencana manajemen risiko dan peluang ditunjukkan pada Gambar 5 di bawah ini.

Iso 9001:2015 Pengantar Standar Manajemen Mutu

Kepemimpinan disebutkan dalam klausul 5, sangat mirip dengan klausul 5.1 dalam ISO 9001:2008, tetapi dengan banyak persyaratan baru yang memerlukan manajemen puncak (

) secara aktif berpartisipasi dan menunjukkan kepemimpinan dan komitmen terhadap SMM. ISO 9001:2015 tidak mensyaratkan organisasi untuk menunjuk anggota manajemen sebagai perwakilan manajemen (

Dalam ISO 9001:2015 terdapat istilah baru “Documented information” yang menggantikan istilah yang digunakan sebelumnya seperti dokumen, dokumentasi dan catatan/rekaman (lihat Gambar 7). Istilah tersebut mengacu pada perkembangan teknologi saat ini dimana data, dokumentasi dan catatan tidak selalu di atas kertas (

Contoh Dokumen Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 2015

Standar manajemen mutu iso 9001, manajemen mutu iso 9001 2008, sistem manajemen mutu iso 9001 adalah, sistem manajemen mutu iso 9001, manajemen mutu iso 9001, sistem manajemen mutu iso 9001 2015, manajemen mutu iso 9001 adalah, iso 9001 tentang sistem manajemen mutu, dokumen iso 9001 2015, sertifikat manajemen mutu iso 9001, penerapan sistem manajemen mutu iso 9001, manajemen mutu iso 9001 pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published.