Membuat Soal Di Google Form

Membuat Soal Di Google Form – Di era modern ini banyak sekali layanan online berbasis aplikasi atau website yang membantu mempermudah pekerjaan di bidang pendidikan. Dan tentunya membuat kegiatan pendidikan menjadi lebih interaktif dan tidak terbatas “jarak dan waktu” karena bisa dilakukan secara online. Anda sekarang dapat mengikuti ujian online menggunakan Google Formulir. Cara membuat survey online dengan Google Forms mudah dan tentunya gratis. Menurut Wikipedia, Google Forms adalah aplikasi administrasi survei yang termasuk dalam suite kantor Google Drive bersama dengan Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Formulir memiliki semua fitur integrasi dan berbagi yang ditemukan di Dokumen, Spreadsheet, dan Slide.

Dengan bantuan Google Forms, jawaban setiap siswa langsung dihitung dan langsung terlihat oleh semua orang yang mengikuti ujian di lembar kerja Google Sheets (versi Google Excel).

Membuat Soal Di Google Form

Membuat Soal Di Google Form

Buka browser di komputer atau laptop Anda, lalu buka: https://docs.google.com/forms/. Masuk dengan akun Google Anda, lalu klik tanda plus untuk membuat formulir baru. Klik pengaturan di sudut kanan atas, pilih tab Kuis dan aktifkan opsi Jadikan ini kuis.

Cara Mudah Membuat Soal Akm Menggunakan Google Forms Kuis

Untuk opsi lain, sebutkan jika diperlukan. Jika nilai dirilis setelah semua siswa lulus ujian, aktifkan opsi Nanti setelah peninjauan manual di setelan rilis nilai. Dan jika setelah ujian siswa tidak diperbolehkan untuk melihat pertanyaan yang belum terjawab, jawaban yang benar dan/atau nilai, harap hapus centang pada semua kotak di pengaturan yang dapat dilihat oleh Responden. Klik Simpan setelah selesai.

Sebelum Anda mulai membuat survei online dengan Google Forms, berikut penjelasan fitur dan opsi pada halaman pembuatan form baru.

Pertama, kami mengisi nama formulir dan, jika perlu, deskripsinya. Selanjutnya, kami membuat kolom Nama Lengkap dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Isikan nama lengkap Anda di kolom pertanyaan, lalu ubah opsi jawaban menjadi Jawaban singkat. Pilih opsi Wajibkan semua siswa untuk memasukkan nama depan dan belakang mereka. Untuk membuat catatan NISN, Anda dapat menyalinnya langsung dari kolom Nama Lengkap dan mengubah pertanyaan menjadi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Pada soal Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), sistem secara otomatis menambahkan konfirmasi jawaban berupa angka. Artinya jawaban soal hanya boleh diisi dengan angka. Hapus centang apakah input dapat berupa angka atau huruf.

See also  Cara Memotong Lagu Di Android Tanpa Aplikasi

Cara Enter Google Form (update) Dan Tips Google Form Lainnya

Selanjutnya, kita akan mulai membuat soal ujian dengan memisahkannya dari kolom judul dan membuat bagian baru dengan konten yang didedikasikan untuk soal ujian pilihan ganda. Prosedurnya adalah sebagai berikut.

Klik ikon tambahkan bagian seperti yang ditunjukkan di atas. Masukkan nama bagian, misalnya masukkan: Pilih jawaban yang benar. Setelah diisi maka akan muncul hasil seperti pada gambar dibawah ini.

Ubah opsi jawaban menjadi Pilihan Ganda dan selesaikan pertanyaannya. Isi juga pilihan jawaban yang tersedia seperti gambar di bawah ini.

Membuat Soal Di Google Form

Setelah semuanya terisi, klik tombol jawaban untuk mengisi jawaban dan poin pertanyaan yang benar. Karena contoh yang akan kita lakukan memiliki 5 pertanyaan, setiap pertanyaan akan bernilai 20 nilai.

Membuat Soal Dengan Google Form

Jawaban singkat dapat digunakan untuk pertanyaan yang seharusnya atau paragraf untuk jawaban yang lebih panjang. Dalam contoh berikut kita akan menggunakan jawaban singkat, Anda dapat melihat lebih detail pada gambar di bawah ini.

Untuk menambahkan gambar, arahkan kursor ke pertanyaan yang dibuat dan klik ikon unggah gambar di sebelah pertanyaan. Caranya bisa dilihat seperti pada gambar di bawah ini.

Kita dapat mengunggah gambar dari komputer untuk memasukkan masalah, kita juga dapat menggunakan kamera saat komputer terhubung ke webcam, melalui URL gambar, dari album foto dan Google Drive, atau dari pencarian gambar Google.

Untuk memposisikan ulang, mengganti, dan menghapus gambar, klik ikon menu di sudut kiri atas gambar. Untuk mengubah ukuran gambar, klik gambar, lalu seret dari sudut untuk memperbesar atau memperkecil.

Cara Mengubah Soal Word Menjadi Google Form Tanpa Copy Paste

Untuk menambahkan gambar ke pilihan ganda, prosedurnya sama dengan menambahkan gambar ke pertanyaan. Arahkan kursor ke opsi pilihan ganda, lalu klik ikon unggah gambar di sebelah opsi jawaban. Caranya bisa dilihat seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah mengkonfirmasi jawaban, pengisi formulir akan diarahkan untuk mengisi data dengan format yang benar. Misalnya, jika Anda ingin menentukan email dalam pertanyaan. alamat email, kolom balasan hanya dapat diisi dengan alamat email yang benar. format alamat email (misalnya, [email protected]). Contoh lain ditunjukkan pada gambar di bawah ini, di mana jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut diberikan dalam angka. Mari kita atur agar siswa hanya menulis beberapa angka di kolom jawaban.

Klik menu di pojok kanan bawah soal, lalu klik Confirm Answer. Ada 4 jenis konfirmasi yang tersedia, yang paling umum digunakan adalah angka, teks dan panjang.

Membuat Soal Di Google Form

Untuk soal di atas, pilih Nomor konfirmasi dengan syarat Nomor, artinya jawaban harus diisi dengan angka berapapun nilainya. Caranya bisa dilihat seperti pada gambar di bawah ini.

See also  Cara Melihat Tipe Hp Oppo

Cara Membuat Token Di Google Form Dengan Berbeda Soal, Terbaru 2021

Anda kemudian dapat membuat konfirmasi Anda sendiri dengan kondisi yang memenuhi kriteria yang diperlukan. Hasil belajar untuk pertanyaan online ini dapat ditemukan dengan mengikuti tautan ini. Selamat mencoba, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah jika ada yang kurang paham… ??Saat ini banyak sekali situs untuk bertanya secara online. Bahkan, seringkali kampus atau sekolah memiliki sistem proses pembelajaran online sendiri. Namun, di antara banyak situs web, Google Forms masih menjadi layanan yang paling populer karena lebih mudah digunakan.

Google Forms memiliki banyak fitur yang memungkinkan Anda membuat berbagai jenis pertanyaan mulai dari pertanyaan esai hingga pertanyaan pilihan ganda. Kami juga dapat memasukkan kunci jawaban untuk menilai jawaban secara otomatis sehingga Anda tidak perlu memeriksa jawaban satu per satu. Tidak hanya itu, ada juga fungsi timer yang membatasi waktu respon.

Nah, setelah kita membahas cara membuat Google Form sederhana secara detail di artikel sebelumnya. Kali ini kita akan membuat soal Google Form dalam bentuk essay dan pilihan ganda. Mari kita mulai dengan jenis-jenis pertanyaan esai.

Pertanyaan esai adalah jenis pertanyaan yang membutuhkan jawaban dalam kalimat atau teks. Ada 2 jenis formulir yang tersedia, yaitu pertanyaan jawaban singkat yang hanya membutuhkan 1 baris jawaban dan pertanyaan paragraf yang membutuhkan lebih dari 2 baris jawaban. Kita bisa menggunakan laptop atau handphone, karena caranya sama, lokasi menunya berbeda.

Cara Membuat Google Form Untuk Kuisioner Dan Soal

Saat tautan terbuka, siswa akan diperlihatkan pertanyaan yang Anda buat. Untuk melihat pratinjau atau pratinjau pertanyaan, klik tombol Pratinjau, yang dilambangkan dengan ikon mata. Nah, selanjutnya kita akan mengevaluasi jawaban atas pertanyaan essay yang dijawab oleh siswa tersebut.

Untuk mendapatkan daftar nilai yang kami periksa dalam bentuk file Excel, cukup klik tombol menu 3 titik di kanan atas menu Tanya Jawab. Kemudian klik Unduh Umpan Balik. File akan menjadi file zip. Jika diekstrak, file tersebut adalah csv yang bisa dibuka di MS Excel.

Pertanyaan pilihan ganda di Google Forms mirip dengan esai. Hanya saja option yang dipilih pada form type memiliki multiple option. Kita juga bisa mengajukan pertanyaan pilihan ganda menggunakan laptop dan handphone.

Membuat Soal Di Google Form

Saat siswa menjawab pertanyaan pilihan ganda, mereka akan secara otomatis dikoreksi berdasarkan input kunci jawaban. Jadi kita tidak perlu menghakimi mereka satu sama lain. Nah, untuk melihat hasil nilai siswa dalam bentuk file excel bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Mengembalikan Respon Atau Jawaban Google Form Yang Terhapus

Seberapa mudah itu? Jika Anda mau, kami juga dapat menggabungkan 2 jenis pertanyaan. Caranya sangat sederhana, yaitu hanya dengan memilih jenis formulir, bisa berupa pilihan ganda atau paragraf. Untuk penilaian, jika Anda menggunakan kombinasi, penilaian manual sangat disarankan. Sangat mudah untuk mengajukan pertanyaan secara online menggunakan formulir google. Wabah Covid-19 yang sedang berlangsung memaksa kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah. Selain itu, kegiatan penilaian juga dilakukan secara online. Hal ini tentunya mendorong para guru untuk mengembangkan alat penilaian dengan menggunakan model berbasis web atau web-based.

See also  Cara Pindahkan Chat Wa Dari Android Ke Iphone

Salah satu model penilaian online adalah penggunaan Google Forms. Google Forms sendiri merupakan bagian dari Google yang didedikasikan untuk formulir dan dokumen yang diberikan kepada pengguna secara gratis. Cara melakukan penilaian dan proses pelaksanaannya sangat sederhana.

Melebih-lebihkan Google Formulir Google Formulir adalah fitur gratis yang disediakan oleh Google. Fitur ini adalah bagian dari Google Forms, yang mencakup berbagai format seperti formulir, kuesioner, kuis atau penilaian, dll. Self assessment menggunakan Google Form memiliki banyak kelebihan. Informasi lebih lanjut tersedia di bawah ini.

Seperti disebutkan di atas, Google Forms adalah fitur gratis. Pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk menikmati aplikasi ini. guru dan siswa bebas untuk berpartisipasi dalam proses evaluasi. Tentu saja, ini terjadi selama guru mengirimkan tautan ke penilaian.

Cara Membuat Soal Online Menggunakan Google Formulir

Kelebihan lain dari Google Forms adalah memiliki beberapa contoh jenis soal, seperti soal ujian sekolah. Pertanyaan dapat mengambil banyak bentuk dalam Formulir Google, dari opsi, posting singkat, hingga deskripsi. Hal ini tidak jauh berbeda dengan proses penilaian sekolah, yang juga terdiri dari banyak pola pertanyaan. Selain model soal, bentuk soal juga bisa bermacam-macam. Soal disajikan tidak hanya dalam bentuk kalimat, tetapi juga dapat berisi gambar dan video.

Keuntungan lainnya adalah siswa atau peserta ujian dapat melihat langsung hasil penilaiannya. Setelah proses penilaian keseluruhan telah selesai dan hasil tes telah diserahkan, nilai dapat dipublikasikan secara otomatis. Dalam hal ini juga dilengkapi dengan koreksi letak kesalahan terperiksa.

Menggunakan Google Formulir membuat analisis penilaian menjadi sangat mudah bagi guru. Soal yang dikirim oleh peserta ujian akan dianalisis secara otomatis. Sehingga nantinya guru mengetahui analisis dari setiap pertanyaan yang dijawab oleh peserta ujian. Analisis juga dapat diunduh dalam format excel.

Membuat Soal Di Google Form

Bukan rahasia lagi bahwa Google Forms sangat mudah digunakan. Penilaian online menggunakan Google juga sangat membantu guru yang membuat soal

Cara Membuat Soal Di Google Form Terbaru

Cara membuat soal kuis di google form, cara membuat soal di google form, cara membuat soal ujian di google form, langkah langkah membuat soal di google form, cara membuat soal google form, buat soal di google form, cara membuat soal online di google form, membuat soal dengan google form, membuat soal menggunakan google form, membuat soal dari google form, bikin soal di google form, cara membuat link soal di google form

Leave a Reply

Your email address will not be published.